Rabu, 29 Maret 2017

Penelitian Dosen Pemula Pertama Faperta UPM

Faperta UPM telah memenangkan Hibah Kemenristekdikti Skema Penelitian Dosen Pemula untuk pertama kalinya pada Tahun Anggaran 2016. Dosen Fakultas Pertanian UPM Probolinggo yang mendapatkan hibah tersebut dengan judul Peningkatan Ketahanan Tanaman Anggur di Musim Hujan dengan Aplikasi Nano-Silikon dan Kalsium untuk Menunjang Usahatani Tanaman Anggur, adalah atas nama Sulis Dyah Candra dan Ida Sugeng Suyani. 

Gambar 1. Poster Pelaksanaan Penelitian Dosen Pemula

Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan tingkat kerusakan tanaman anggur di musim hujan akibat serangan hama dan pathogen, dan untuk mengetahui produktivitas dalam melakukan usahatani anggur di musim hujan. Salah satu upaya untuk mengendalikan serangan pada bagian tanaman dengan aman adalah dengan meningkatkan ketahanannya dengan metode yang ramah lingkungan. Hal ini dapat diperoleh melalui pemberian suplai hara selain pupuk dasar sesuai dengan proporsi hara yang dibutuhkan tanaman, terutama pengaturan asupan unsur nano-silikon dan kalsium pada tanaman anggur.

Gambar 2. Pemasangan Label pada Tanaman Sample 


Gambar 3. Pelaksanaan Pengamatan Parameter Generatif

Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti dibantu oleh pakar buah tropika: Ir. Rebin dari Balai Penelitian Buah Tropika, dan pada aplikasi di lapang juga dibantu oleh beberapa mahasiswa Fakultas Pertanian UPM Probolinggo. Hasil penelitian secara lengkap telah dimuat di jurnal AGRIKA


Gambar 4. Seminar Hasil Pelaksanaan Program Peningkatan Kapasitas Riset Penelitian Dosen Pemula, 27-28 Maret 2017 di Surabaya.


x

Tidak ada komentar:

Pelaksanaan Penelitian mengenai Nano Silikon pada Tanaman Padi

Beberapa tahun terakhir ini, para peneliti pertanian mulai menunjukkan minat yang meningkat dalam penggunaan silikon (Si) dalam tanam...