Sabtu, 27 November 2010

Pohon yang Berbunga setelah 91 Tahun

Para staf di Rowallane Garden, Inggris (UK) sejak tahun 1919 menyimpan harapan dengan penuh kesabaran, menantikan sebuah Pohon dengan sebutan Tanduk Kambing Cina( Chinese Goat Horn Tree / yang jiao shu / Carrierea calycina ) agar suatu hari nanti dapat memamerkan bunganya.
Setelah 91 tahun berlalu, saat yang dinanti itu pun tiba.  ...



 
Pada bulan Juni 2010, pohon yang dibawa oleh kolektor tanaman H. Ernest Wilson dari Sichuan di Cina Barat pada tahun 1908 (dimana bibit aslinya juga pernah ditanam di kebun Saintfield Rowallane pada tahun 1919) perlahan-lahan menumbuhkan kuncup bunganya.
Kuncup pertamanya terbuka dan menjadi bunga mekar nan indah yang berwarna putih pucat dengan aroma yang lembut. Bentuk bunganya panjang, melengkung, serta memiliki buah berbentuk poros yang menyerupai tanduk kambing (yang kemudian memberikan julukan bagi tanaman tersebut).
Hanya ada dua spesimen dari benih asli yang pernah hidup hingga saat ini, dimana benih yang lain terdapat di Birr Castle, County Offaly di Republik Irlandia; sementara benih lainnya telah punah pada pertengahan abad ke-20.

Tidak ada komentar:

Pelaksanaan Penelitian mengenai Nano Silikon pada Tanaman Padi

Beberapa tahun terakhir ini, para peneliti pertanian mulai menunjukkan minat yang meningkat dalam penggunaan silikon (Si) dalam tanam...